Kelebihan Susu Non-Hewani Dibandingkan dengan Susu Hewani

Spread the love

Kelebihan Susu Non-Hewani Dibandingkan dengan Susu Hewani

Susu non-hewani adalah susu yang tidak berasal dari hewan, yakni susu yang berasal dari tumbuhan. Susu nonhewani sangat cocok bagi yang tidak mengonsumsi susu hewani, karena alasan kesehatan, agama, intoleransi laktosa, dan penyebab lainnya. Selain itu banyak orang yang mengonsumsi susu nabati karena lebih ramah lingkungan.

Susu non-hewani dikatakan lebih ramah lingkungan karena dalam takaran yang sama susu non-hewani membutuhkan energi yang lebih sedikit dibanding susu hewani. Selain itu, jika memproduksi susu hewani, peternak harus merawat serta memberi makanan pada hewan tersebut. Berbeda dengan susu non-hewani yang hanya perlu menanam dan memberi pupuk tanaman yang diinginkan.

Kelebihan susu non-hewani antara lain lebih rendah kalori dibandingkan susu hewani. Hal ini membawa banyak manfaat yaitu dengan mengonsumsi susu nonhewani dapat memberikan vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan aktivitas metabolisme anda. Selain itu juga dapat mengurangi risiko nyeri sendi dan radang sendi, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan gangguan pernapasan.

Protein nabati dalam susu non-hewani juga baik karena merupakan protein yang dapat mengurangi terkena resiko kolesterol. Dikatakan baik karena dapat membantu pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah serta dapat membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh. Selain itu juga dapat membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.

Susu non-hewani memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol kadar gula darah, menurunkan resiko penyakit jantung, membantu gerakan usus, mengurangi resiko terkena kanker serta membantu tubuh mendapatkan energi.

Selain itu, susu non-hewani juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang banyak. Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh jamak yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Asam lemak omega 3 akan diserap oleh membrane sel tubuh serta berfungsi dalam mengatur lemak tubuh dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik, mencegah plak pada pembuluh darah, mengurangi penumpukan lemak dibawah kulit dan lemak yang tersimpan pada hati.

Susu non-hewani lebih efektif dalam mencegah serta mengobati kanker prostat dibandingkan susu hewani. Selain itu susu non-hewani dapat mengurangi gejala menopause seperti misalnya penurunan hormon dalam tubuh. Namun konsumsi susu nonhewani yang terlalu banyak justru tidak baik bagi kesehatan. Maka, konsumsilah susu non-hewani secukupnya dan secara rutin.

Dibandingkan susu hewani, susu non-hewani lebih efektif untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan lemak serta kalori di dalam susu non-hewani lebih rendah dibanding susu hewani. Selain menurunkan berat badan, susu nonhewani juga dapat mengurangi resiko terkena gangguan jantung, gangguan peredaran darah, seperti stroke.

Selain terhindar dari berbagai penyakit, susu non-hewani juga sangat baik bagi kesehatan kulit. Susu non-hewani bisa digunakan sebagai pembersih kulit yang sensitif. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif tentu saja sangat sulit untuk memilih pembersih wajah yang cocok. Karena jika anda salah memilih bisa-bisa wajah atau kulit anda mengalami iritasi. Untuk mengatasinya, anda bisa gunakan susu non-hewani sebagai pembersih wajah.

Susu non-hewani bisa menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Mengkonsumsi susu non-hewani yang memiliki banyak nutrisi dan mengandung protein berkualitas tinggi bisa membantu tubuh menghasilkan jaringan baru serta bisa memicu pertumbuhan rambut baru. Susu kedelai yang mengandung vitamin B12 juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut, karena dengan kurangnya vitamin B12 dapat menyebabkan rambut rontok.

Berbeda dengan susu hewani, susu non-hewani tidak memiliki kandungan laktosa didalamnya, sehingga cocok bagi penderita intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana laktase, sebuah enzim yang diperlukan untuk mencerna laktosa, tidak diproduksi dalam tubuh. Agar dapat memenuhi kebutuhan enzim laktase dalam tubuh, sangat disarankan jika penderita rutin mengonsumsi susu non-hewani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.